Waspada! Ini Penyakit yang Mengintai Jika Kekurangan Vitamin D

 Vitamin D berperan dalam menjaga kesehatan sistem saraf , otot dan tulang. Tanpa vitamin D, usus tidak  dapat menyerap kalsium dan fosfor dengan baik, yang esensial untuk pembentukan tlang dan kesehatan jaringan. Kekurangan vitamin D berkepanjangan dapat mengakibatkan masalah serius. Jika tubuh tidak cukup  vitamin D, usus tidak dapat menyerap kalsium dan fosfor dengan baik, yang bisa menyebabkan hipokalsemia atau kadar kalsium rendah dalam darah.

Hipokalsemia akan memicu hiperparatiroidisme sekunder, kondisi saat kelenjar paratiroid bekerja terlalu keras untuk mempertahankan kadar kalsium darah. Hal in bisa mengakibatkan kram, kelemahan otot, kelelahan dan depresi.

Ketika kadar kalsium darah rendah, tubuh akan menarik kalsium dari tulang untuk menjaga kadar kalsium darah normal. Hal tersebut menyebabkan kerusakan tulang dan demineralisasi.

Oleh karena itu sngat penting untuk memastikan tubuh mendapat cukup vitamin D setiap hari. Vitamin D dapat diperoleh dari paparan langsung sinar matahari  pada kulit memicu produksi vitamin D secara alami, makanan(ikan berlemak, hati sapi, olahan susu, jamur dn kuning telur) serta suplemen.

Kebutuhan harian vitamin D berbeda-beda berdasarkan usia dan kandisi yaitu:

-Bayi 0 -12 bulan  400 IU

-Anak 1 - 13 tahun : 600 IU

-Remaja  14 - 18 tahun : 600 IU

-Dewasa 19 - 70 tahun : 600 IU

- wanita hamil  dan menyusui : 600  IU

-Orang usia 71 tahun ke atas : 800 IU

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, sehingga penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin D harian.Berikut penyakit yang ditimbulkan kekurangan vitamin D dikutip dari Cleveland Clinic:

1. Rakitis : yaitu penyakit langka yang ditemukan pada beberapa bayi dan anak-anak terutama di kawasan Afrika dan Amerika. Rakitis menyebabkan tulang menjadi  lunak dan bengkok

2.Osteomalasia yaitu penyakit yang terpada orang dewasa. Penyakit ini meyebabkan tulang lemah, nyeri dan keropos. Selain itu otot menjadi lemah karena kekurangan vitamin D untuk menyerap kalsium dan fosfor

3. Kecemasan dan depresi

4.Penyakit jantung

5.Gangguan reproduksi pria



Nah itu dia beberapa penyakit akibat kekurangan vitamin D, semoga bermanfaat, selalu bijak dalam mengkonsumsi makanan supaya sehat selalu, menjelang siang..............

di Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Popular posts from this blog

"Beginilah Keberkahan Suatu Negeri dalam Tafsir Al Qur'an Surat Al A'raf Ayat 96".

"Penyebab Musibah di Dunia, Ternyata karena Perbuatan Dosa".

Hanya Allah yang mampu Mengabulkan Doa, Begini penjelasan Imam Nabawi Abdul Muhsin