5 Cara menghemat listrik biar tagihan tidak membengkak

 

Badan meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengatakan puncak musim kemarau 2024 terjadi pada bulan Juli dan Agustus. Tak heran belakangan ini cuaca di luar rumah berasa sangat panas ya. Saat sudah seperti ini, mendinginkan tubuh di ruangan AC tentu akan sangat membuat nyaman, bukan? Namun, perlu menjadi catatan bahwa pemakaian AC yang berlebihan  bisa membuat tagihan listrik membengkak setiap bulannya. Karena diperlukan sederet cara untuk menghemat  listrik, AC berikut caranya:

1.Mematikan AC saat tidak digunakan.

   Membiarkan A menyala diruangan kosong adalah pemborosan, termasuk saat kamu hanya mematikannya dari remote  control, tidak langsung mencabut saluran listriknya

2.Sesuaikan suhu AC KE PENGATURAN OPTIMAL

   Banyak orang salah kaprah dengan menyetel suhu AC rendah, akan menghasilkan pendinginan lebih baik. Namun menurut Biro Efisiensi Energi (BEE) 24 derajat celcius merupakan suhu optimal yang nyaman untuk tubuh

3.Tutupi jendela ventilasi rumah. 

   Dinginnya AC akan terbuang sekitar 30% melalui jendela atau ventilasi rumah yang terbuka. Karena itu penting untuk menutupnya.

4. Rutinkan bersihkan AC atau ganti saat sudah menua

 Ternyata AC yang kotor atau menua, dapat membuat tagihan listrik membengkak.

Mengutip Bankrate, penumpukan kotoran pada AC dapat membuat penurunan efisiensi, yang membuatnya bekerja lebih keras dan daya listrik lebih boros, termasuk AC yang sudah menua.

5. Pakai AC yang hemat listrik.


Yuk jangan biarkan tagihan listrikmu membengkak tiap bulannya, semoga mermanfaat.

Menjelang siang di Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Popular posts from this blog

"Beginilah Keberkahan Suatu Negeri dalam Tafsir Al Qur'an Surat Al A'raf Ayat 96".

"Penyebab Musibah di Dunia, Ternyata karena Perbuatan Dosa".

Hanya Allah yang mampu Mengabulkan Doa, Begini penjelasan Imam Nabawi Abdul Muhsin