Punya sistem pendidikan terbaik, Finlandia jadi negara pertama yang hapus semua mata pelajaran

Sistem pendidikan  Finlandia  dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Di rating Internasional, negara terseut selalu masuk ke dalam sepuluh besar. Memegang sistem pendidikan terbaik, pemerintah Finlandia melakukan gebrakan baru di mana mereka menghapus semua mata pelajaran sekolah  dari kurikulum dan membuat Finlandia menjadi negara pertama yang melakukan genbrakan ini.

Dilansir dari Bright side, Kepala Departemen Pendidikan di Helsinki, Marjo  Kyllonen menjelaskan perubahan  tersebut. "Ada sekolah-sekolah yang mengajar cara kuno, tapi kebutuhannya tidak sama dan kita memerlukan sesuatu yang cocok  untuk abad ke 21".

Penghapusan mata pelajaran sekolah kurikulum ini akan digantikan dengan pembelajaran tentang peristiwa  dan fenomena individual dalam format interdisipliner. Ini berarti  bahwa siswa tidak akan lagi memiliki kelas individual  tentang mata pelajaran  seperti matematika, geografi, dan sejarah, tapi akan mempelajari suatu  peristiwa dari perspektif mata pelajaran tersebut.

Selain itu pemerintah Finlandia juga mengusulkan kegiatan yang disebut work from cafe yang akan memberikan siswa  keterampilan dalam bahasis Inggris, ekonomi, dan komunikasi . Sistem yang telah dijalankan sejak tahun 2020 ini diperkenalkan kepada siswa yang berusia 16 tahun, yang berarti bahwa setelah  menyelesaikan studi mata pelajaran awal, mereka bisa memilih sendiri peristiwa atau fenomena tertentu yang ingin mereka pelajari, berdasarka kepentingan dan prospek masa depannya.

Meski begitu, para siswa tetap akan mempelajari keterampilan yang sama, tapi menggunakan cara yang lebih produktif  dan lebih bermanfaat bagi pembelajaran setiap individu. sistem pendidikan  Finlandia juga mendorong kerja kolektif, artinya siswa akan bekerja sama dalam kelompok diskusi  kecil, dibandingkan duduk di belakang meja individu dan diajar oleh guru.   

Sistem baru ini mengharuskan semua guru untuk terlibat dan beradaptasi dengan sistem pengajaran  baru dan sekitar 70 % guru Helsinki telah bekerja untuk mempersiapkan  gaya pengajaran baru. Selain itu  mereka juga mendapatkan kenaikan gaji.

Sebagai sistem pendidikan yang dipandang sebagai salah satu yang terbaik di dunia, perubahan drastis dalam sistem pendidikan Finlandia ini diharapkan menjadi pionir bagi negara-negara lain di generasi mendatang.


Semoga pembelajaran ini berdampak baik, tapi apa kelemahan sistem pendidikan seperti ini, semoga informasi ini memberikan pencerahan bagi kita di Universitas Persada Indonesia Y.A.I 

Popular posts from this blog

"Beginilah Keberkahan Suatu Negeri dalam Tafsir Al Qur'an Surat Al A'raf Ayat 96".

"Penyebab Musibah di Dunia, Ternyata karena Perbuatan Dosa".

Hanya Allah yang mampu Mengabulkan Doa, Begini penjelasan Imam Nabawi Abdul Muhsin