"Terungkap, NATO Gunakan AI untuk Lacak Pesawat Rusia"


 

WARSAWA - NATO memanfaatkan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk melacak pesawat dan stasiun pengisian bahan bakar Rusia. Hal itu diungkap Asisten Sekretaris Jenderal untuk Inovasi, Hibrid, dan Siber Aliansi yang dipimpin Amerika Serikat (AS), David van Weel.

Berbicara pada Forum Inovator Pertahanan NATO-Ukraina di Universitas AGH Krakow, Polandia, pejabat tinggi tersebut berjanji untuk memperdalam kerja sama dengan Kyiv, dengan perjanjian baru mengenai “inovasi medan perang” sudah di depan mata.

Sebagai contoh integrasi berbagai solusi AI, dia mengatakan blok militer tersebut menggunakannya untuk menganalisis citra satelit guna melacak dan menghitung pesawat dan stasiun pengisian bahan bakar Rusia. Van Weel mengatakan bahwa penggunaan AI dengan cara seperti itu sesuai dengan prinsip-prinsip NATO mengenai penggunaan Al yang etis. “Risikonya rendah,” kata van Weel, seperti dikutip Russia Today, Selasa (11/6/2024). “Tidak ada yang terbunuh jika Anda menghilangkan nomornya.” Dalam beberapa bulan terakhir, Ukraina dilaporkan telah meningkatkan upayanya untuk menyerang lapangan udara Rusia, baik yang dekat dengan zona tempur maupun jauh di dalam wilayah negara tersebut. Moskow tampaknya juga telah memperluas penggunaan penerbangan garis depan secara signifikan, terutama untuk meluncurkan bom udara yang dilengkapi dengan perangkat panduan bersayap UMPK (Universal Glide and Correction Module).

Berbagai sumber militer Ukraina telah mencatat meningkatnya penggunaan bom yang dilengkapi UMPK oleh Rusia, dan menghubungkan kemunduran di garis depan dengan efektivitas senjata tersebut. Modul UMPK, yang secara luas dianggap sebagai analog dari perangkat Joint Direct Attack Munition (JDAM) buatan AS, cocok untuk sebagian besar bom terjun bebas yang ada di gudang senjata Rusia. Mereka sering ditingkatkan dengan termobarik dan munisi tandan, yang telah diamati digunakan di garis depan.


AI.........Menjelang sore di Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Popular posts from this blog

"Beginilah Keberkahan Suatu Negeri dalam Tafsir Al Qur'an Surat Al A'raf Ayat 96".

"Penyebab Musibah di Dunia, Ternyata karena Perbuatan Dosa".

Hanya Allah yang mampu Mengabulkan Doa, Begini penjelasan Imam Nabawi Abdul Muhsin